Penanganan Tepat untuk Anak Penderita DBD


DBD merupakan istilah untuk menunjuk pada gejala penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk tersebut biasanya bersarang pada genangan-genangan air dan tempat-tempat lembab. Salah satu gejala DBD berat adalah demam tinggi hingga dapat mencapai 40 derajat celsius. Selain itu juga disertai mual dan muntah; nyeri pada tulang, otot, dan sendi, serta belakang mata.

Gejala DBD biasanya berlangsung selama satu minggu ditandai dengan bintik-bintik merah pada kulit. Baik DBD berat maupun ringan tentu harus ditangani sesegera mungkin agar tidak terjadi gejala berlanjut. Gejala DBD dapat memburuk seiring dengan munculnya syok dengue yang dapat mengancam nyawa karena pembuluh darah dapat mengalami kebocoran.

Bagaimana Penangan yang Tepat?

Jika penderita mengalami gejala DBD segera bawalah ke dokter untuk memastikan diagnosis. Selanjutnya dokter akan menangani pasien untuk membantu melawan virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di antaranya :
  1. Membiarkan penderita untuk beristirahat selama masa pemulihan.
  2. Pastikan untuk mengkonsumsi obat paracetamol yang telah diberikan oleh dokter.
  3. Gunakan kompres untuk meredakan demam.
  4. Makan makanan bernutrisi.
  5. Kontrol cairan yang masuk untuk mencegah dehidrasi.
Jangan berikan obat yang mengandung aspirin maupun ibuprofen agar tidak terjadi risiko pendarahan. Pada kondisi tertentu penderita harus dirawat di rumah sakit karena membutuhkan cairan infus.

Pada DBD ringan dapat mengkonsumsi obat pereda demam yang tersedia di apotek terdekat maupun apotek online yang dapat dikunjungi di https://www.goapotik.com/promo/obat-muntah-setelah-operasi.

Untuk mencegah DBD dapat dilakukan vaksinasi. Selain itu pencegahan dapat dilakukan dengan cara menutup genangan air dan menjaga tempat agar selalu bersih. Lebih aman jika anak menggunakan lotion antinyamuk sebelum beraktivitas baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan ke bagian tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian.

Bahan alami seperti jambu biji yang sudah dikenal sebagai obat demam berdarah anak juga dapat Anda gunakan untuk mengobati DBD ringan pada anak. Selain terbuat dari bahan alami yang lebih aman, jambu biji juga mudah dijumpai.

Belum ada Komentar untuk "Penanganan Tepat untuk Anak Penderita DBD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel