Dari Mana Anda Mencukupi Kebutuhan Omega-3 DHA?


Asupan DHA sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama kehamilan. Umumnya, DHA akan menghindarkan ibu dan bayi dari risiko lahir prematur, berat badan bayi rendah, dan berbagai kemungkinan cacat kelahiran. Untuk itu ibu hamil harus mendapatkan nutrisi DHA dan perkembangan otak janin yang cukup dari makanan atau suplemen berikut.

Sumber Omega-3 DHA Terbaik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

1. Ikan segar berlemak

Nutrisi alami omega-3 DHA bisa didapatkan dari ikan segar berlemak seperti: salmon, sarden, haring, teri, dan sebagainya. Jenis ikan air laut ini memiliki kandungan omega-3 (EPA dan DHA) lebih tinggi dengan sedikit kandungan merkuri. Namun untuk menanggulangi kadar merkuri yang berlebih, maka Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan mengkonsumsi 1-2 porsi ikan setiap minggu.

2. Suplemen minyak ikan

Jika Anda ragu dengan ikan yang Anda konsumsi, maka lebih baik mengganti asupan DHA dengan vitamin prenatal. Carilah vitamin prenatal yang mengandung DHA dan EPA. Namun jika tidak ada, maka ambillah suplemen minyak ikan tambahan. Carilah suplemen di https://guesehat.com yang mengandung setidaknya 200 mg DHA per kapsul, atau 300-400 mg DHA/EPA untuk ibu hamil.

3. Suplemen ganggang atau alga

Sebagian orang mungkin alergi dengan bau atau rasa ikan. Jadi untuk mencukupi kebutuhan DHA bisa dengan suplemen alga. Suplemen ini dibuat khusus untuk vegetarian dan merupakan solusi nabati terbaik dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa alga dapat meningkatkan DHA dalam sel darah lebih baik dibandingkan dengan minyak ikan.

4. Susu formula DHA

Selain susu formula bayi, sekarang ini juga banyak beredar produk formula DHA untuk ibu hamil dan menyusui. Sebagian produk mungkin bermanfaat, namun tidak memiliki DHA sepenuhnya. Omega-3 pada produk ini berasal dari mikroalga dengan ditambah sedikit aroma ikan. Untuk itu produk susu harus melewati proses pemurnian dan kemungkinan menghilangkan atau mengurangi kadar DHA.

5. Kacang-kacangan atau biji-bijian tertentu

Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, seperti kenari dan biji rami, umumnya dapat menyediakan nutrisi omega-3 seperti ALA yang baik bagi tubuh. Namun rantai pendek asam lemak n-3 (ALA) tidak dapat dikonversi dengan baik menjadi DHA oleh tubuh. ALA bisa dikonversi menjadi EPA dan kemudian DHA dengan jumlah yang sangat terbatas (terutama di dalam hati).

Belum ada Komentar untuk "Dari Mana Anda Mencukupi Kebutuhan Omega-3 DHA?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel